Iklan Dan Dimensi Etisnya
Iklan ialah bentuk komunikasi tidak
langsung yang didasari pada informasi tentang keunggulan suatu produk sehingga
mengubah pikiran konsumen untuk melakukan pembelian.
1. Fungsi Iklan sebagai pemberi informasi dan pembentuk opini
Iklan sebagai pemberi informasi
tentang produk yang ditawarkan di pasar :
Bagi produsen ia tidak hanya sebagai
media informasi yang menjembatani produsen dengan konsumen, tetapi juga bagi
konsumen iklan adalah cara untuk membangun citra atau kepercayaan terhadap
dirinya.
Iklan sebagai pembentuk pendapat umum
tentang sebuah produk:
Iklan sebagai pembentuk pendapat umum
dipakai oleh propagandis sebagai cara untuk mempengaruhi opini publik. Dalam
hal ini, iklan bertujuan untuk menciptakan rasa ingin tahu atau penasaran untuk
memiliki atau membeli produk.
2. Beberapa persoalan etis periklanan
Dunia periklanan memang merupakan
dunia glamour dalam bisnis modern saat ini, selain sebagai alat promosi kepada
konsumen, iklan merupakan salah satu alat komunikasi interaktif antara konsumen
dan produsen. Iklan-iklan yang ditayangkan secara massal dan intensif kepada
masyarakat pada umumnya tidak mendidik, selain itu periklanan memamerkan suatu
suasana hedonis dan meterialistis yang pada akhirnya menumbuhkan ideologi
konsumerisme.
Penayangan suatu iklan pada ruang
publik seharusnya menyandarkan diri pada prinsip utama serta fungsi utama
sebuah iklan.Tentunya kita telah mengetahui bahwa iklan berfungsi sebagai alat
informatif dan persuasif. Iklan yang sesuai dengan etika binis adalah iklan
yang penyampaiannya kepada masyarakat sesuai dengan kebenaran, artinya apa-apa
yang diinformasikan melalui iklan tersebut memang pada kenyataannya adalah
benar.
3. Makna Etis Menipu dalam Iklan
Selain itu, manipulasi dalam
periklanan juga merupakan hal yang cukup merugikan bagi konsumen. Manipulasi
disini diartikan sebagai tindakan yang dilakukan oleh si pengiklan terhadap si
konsumen untuk membeli produk yang dihasilkan.
Fungsi iklan pada akhirnya membentuk
citra sebuah produk dan perusahaan dimata masyarakat. Citra ini terbentuk oleh
kesesuain antara kenyataan sebuah produk yang diiklankan dengan informasi yang
disampaikan dalam iklan. Prinsip etika bisnis yang paling relefan dalam hal ini
adalah nilai kejujuran. Dengan demikian, iklan yang membuat pernyataan salah
atau tidak benar dengan maksud memperdaya konsumen adalah sebuah tipuan.
4. Kebebasan Konsumen
Menurut John F. Kenedy ada beberapa
hak dasar konsumen yaitu :
1)
Hak
akan keselamatan
2)
Hak
untuk mendapatkan informasi
3)
Hak
untuk memilih
4)
Hak
untuk didengar
5)
Hak
untuk menikmati lingkungan yang bersih.
Konsumen merupakan stakeholder yang
sangat hakiki dalam bisnis modern. Bisnis tidak mungkin berjalan, kalau tidak
ada konsumen yang menggunakan produk atau jasa yang di buat dan ditawarkan oleh
bisnis.
Konsumen harus diperlakukan dengan
baik secara moral, tidak saja merupakan tuntutan etis, melainkan juga syarat
mutlak untuk mencapai keberhasilan dalam bisnis. Etika dalam praktek bisnis
sejalan dengan kesuksesan dalam berbisnis.
Perhatian untuk konsumen
a.
Hak Atas Keamanan
Banyak produk mengandung resiko tertentu untuk konsumen, khususnya
resiko untuk kesehatan dan keselamatan
b.
Hak Atas Informasi
Konsumen berhak mengetahui segala informasi yang relevan mengenai produk
yang dibelinya, baik apa sesungguhnya produk itu maupun bagaimana cara
memakainya, maupun juga resiko yang menyertai pemakainnya.
c.
Hak Untuk Memilih
Dalam ekonomi pasar bebas di mana kompetisi merupakan unsur hakiki,
konsumen berhak untuk memilih antara pelbagai produk dan jasa yang di tawarkan.
d.
Hak Untuk Didengarkan
Konsumen adalah orang yang menggunakan produk atau jasa. Ia berhak bahwa
keinginannya tentang produk atau jasa itu didengarkan dan dipertimbangkan,
terutama
keluhannya.
e.
Hak Lingkungan Hidup
Konsumen memanfaatkan sumber daya alam, sehingga tidak mengakibatkan
pencemaran lingkungan atau merugikan berkelanjutan proses-proses alam
Sumber :
Nama Kelompok :
1. Fiqi Aditya (12211878)
2. Fredy Hardiansyah (12211964)
3. Santos Agustinus (16211603)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar