Minggu, 01 Desember 2013

Perilaku Konsumen Bab. 11

Bab 11. Pengaruh individu

    1). Pengaruh kelompok referensi
            Kelompok referensi disebut juga sebagai acuan.Kelompok referensi merupakan sekelompok orang yang secara nyata mempengaruhi perilaku seorang secara langsung atau tidak langsung.Kelompok referensi ini berguna sebagai referensi seseorang dalam pengambilan keputusandan sebagai dasar pembandingan bagi seseorang dalam membentuk nilai dan sikap umum / khusus atau pedoman khusus bagi perilaku.

        Jenis – jenis kelompok referensi berdasarkan pengelompkannya yaitu :

        1. Menurut intensitas interaksi dan kedekatannya

•           Kelompok primer

•           Kelompok sekunder

        2. Menurut legalitas keberadaan

            •           Kelompok formal

            •           Kelompok informal

        3. Menurut status keanggotaan dan pengaruh

            •           Kelompok aspirasi

•           Kelompok disosiasi

•           Primary / secondary

•           Membership

            Untuk dapat mempunyai pengaruh tersebut, kelompok rujukan harus melakukan hal – hal berikut ini :

    Memberitahukan  atau  mengusahakan agar orang menyadari adanya suatu produk / merk khusus
    Memberikan  kesempatan pada individu untuk membandingkan pemikirannya sendiri dengan sikap dan perilaku kelompok
    Mempengaruhi  individu untuk mengambil sikap dan perilaku yang sesuai dengan norma-norma kelompok
    Membenarkan  keputusan untuk memakai produk-produk yang sama dengan kelompok


        Kelompok referensi terdiri atas dua jenis, yaitu :

-  Kelompok referensi normative

- Kelompok referensi komparatif


            Untuk mendorong timbulnya conformity maka kelompok referensi harus melakukan hal-hal sebagai berikut :

    Memberitahukan atau mengusahakan agar orang menyadari adanya sesuatu produk menarik atau merek yang khusus.
    Memberikan kesempatan kepada individu untuk membandingkan pemikirannya sendiri dengan sikap dan perilaku kelompok
    Mempengaruhi individu untuk mengambil sikap dan perilaku yang sesuai dengan norma-norma kelompok.
    Membenarkan keputusan untuk memakai produk-produk yang sama dengan kelompok.


        Beberapa peran penting dari keluarga antara lain :

    Memenuhi kesejahteraan secara ekonomi
    Memberikan dukungan emosional
    Membentuk gaya hidup
    Sosialisasi


Pengambilan Keputusan dan Peran Anggota Keluarga

            Menurut Schiffman dan Kanuk terdapat 8 peran yang dilakukan oleh anggota keluarga, antara lain :

1.  Penjaga pintu (gatekeepers)
2. Pemberi pengaruh
3. Pengambil keputusan (decision maker)
4. Pembeli (buyer)
5. Penyiap (preparer/installer)
6. Pengguna (user)
7. Pemelihara (maintener)
8. Pembuang (disposer)

             Menurut Neighbour (1985) thapan, tugas dan masalah yang menjadi isu penting dalam setiap tahapan siklus kehidupan keluarga adalah sebagai berikut :

Tahap Perkawinan

Tahap Melahirkan Anak

Tahap Membesarkan Anak-Anak Memasuki Sekolah Dasar

Membesarkan Anak-Anak Usia Remaja

Keluarga Mulai Melepaskan Anak-Anak

Tahun-tahun Pertengahan

Usia Tua

            Berdasarkan segmen keluarga yang dipilih ini perusahaan dapat menyusun bauran pemasaran melalui :

-  Strategi Produk

-  Strategi Promosi

-  Strategi Harga

-  Distribusi

2). Pengaruh kata - kata

         Menurut Schiffman dan Kanuk terdapat 8 peran yang dilakukan oleh anggota keluarga, antara lain :
·         Penjaga pintu (gatekeepers)
·          Pemberi pengaruh
·         Pengambil keputusan (decision maker)
·         Pembeli (buyer)
·          Penyiap (preparer/installer)
·         Pengguna (user)
·         Pemelihara (maintener)
·         Pembuang (disposer)

        Menurut Neighbour (1985) thapan, tugas dan masalah yang menjadi isu penting dalam setiap tahapan siklus kehidupan keluarga adalah sebagai berikut :
      ·         Tahap Perkawinan
      ·          Tahap Melahirkan Anak
      ·         Tahap Membesarkan Anak-Anak Memasuki Sekolah Dasar
      ·          Membesarkan Anak-Anak Usia Remaja
      ·         Keluarga Mulai Melepaskan Anak-Anak
      ·         Tahun-tahun Pertengahan
      ·         Usia Tua

        Berdasarkan segmen keluarga yang dipilih ini perusahaan dapat menyusun bauran pemasaran melalui :
      ·         Strategi Produk
      ·         Strategi Promosi
      ·         Strategi Harga
      ·         Distribusi

Sumber : http://titayulianita.wordpress.com/2011/07/05/bab-8-pengertian-kelompok-referensi/
        http://fitriyuningsih.blogspot.com/2013/01/bab-11-pengaruh-individu_5.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar